How to Contour your Face
by Rosa Hidayat

Posted on 12 October 2015


Hi all, pada posting kali ini saya akan membahas mengenai contouring wajah, yaitu bagaimana kita menciptakan dimensi pada wajah agar dapat mengoreksi kekurangan pada wajah kita dan menonjolkan kelebihannya. Pada dasarnya ada dua langkah yang dilakukan dalam melakukan contouring, yaitu shading dan tinting. Shading adalah teknik pengaplikasian warna yang lebih gelap dari warna kulit untuk menyamarkan bentuk wajah yang kurang ideal, seperti menyamarkan tulang rahang yang lebar, menyamarkan tulang pipi yang chubby, dan menyamarkan bentuk hidung yang kurang mancung. Sedangkan tinting adalah kebalikan dari shading, yaitu pengaplikasian warna yang lebih terang dari warna kulit untuk menonjolkan kelebihan pada wajah, seperti mempertegas tulang pipi, menonjolkan tulang dahi dan tulang hidung, dan mencerahkan area di bawah mata.


Dalam pengaplikasiannya, shading dan tinting boleh digunakan secara terpisah ataupun bersamaan. Penggunaan shading dan tinting secara tepat dan tidak berlebihan akan menghasilkan bentuk wajah yang menyerupai ideal. Bentuk dari shading dan tinting ini sendiri ada beberapa macam, antara lain cream dan powder. Shading dan tinting berbentu cream teksturnya padat dan cair, sehingga lebih tahan lama dan bauran warnanya bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Sedangkan shading dan tinting berbentuk powder lebih cepat hilang apabila terkena keringat dan minyak wajah, namun penggunaannya lebih praktis dan cepat, jenis ini cocok digunakan untuk touch up.

Berikut ini adalah video tutorial mengenai pengaplikasian contouring wajah, dalam pengaplikasiannya jangan lupa untuk membaurkan garis2 antara shading dan tinting agar dapat menghasilkan riasan yang tetap natural namun korektif.



Adapun koreksi yang perlu dilakukan pada masing-masing bentuk wajah tentunya tidak sama, berikut ini adalah pembahasan mengenai teknik koreksi untuk masing-masing bentuk wajah :

1. Wajah Oval
Bentuk wajah ini adalah bentuk wajah yang ideal, pengaplikasian shading tidak terlalu diperlukan, namun apabila anda ingin memberikan dimensi pada wajah bubuhkanlah shading pada pipi dan hidung anda, kemudian tinting pada aera dahi dan di bawah mata.

Photo by Models


2. Wajah Bulat
Bentuk wajah ini biasanya lebih lebar dibanding bentuk wajah ideal, memiliki tulang pipi dan tulang rahang yang tidak terlalu nampak. Untuk itu perlu dilakukan langkah contouring agar dapat lebih menonjolkan tulang pipi dan membuat bentuk wajah terlihat lebih panjang. Aplikasikanlah shading di bawah tulang pipi dan di bagian tulang rahang, kemudian tinting di bagian dagu.

Photo by Chioda


3. Wajah Persegi
Bentuk wajah ini biasanya ditandai dengan proporsi yang seimbang antara lebar dahi dan lebar tulang rahang, sehingga bentuk wajah menyerupai kotak. Untuk lebih memperhalus fitur wajah berbentuk kotak ini, aplikasikanlah shading tipis-tipis di area tulang pipi dan rahang, kemudian tinting di bagian dagu.

Photo by 1001 Photography


4. Wajah Panjang
Bentuk wajah panjang biasanya ditandai dengan proporsi wajah bagian tengah lebih panjang bila dibanding dengan bagian atas dan bawah. Untuk mencapai bentuk idealnya, aplikasikanlah shading di bagian dahi tepat di bagian perbatasan antara rambut dan wajah, kemudian di bagian dagu, agar wajah terlihat lebih pendek. Untuk tinting, aplikasikanlah di area samping wajah, agar wajah terlihat lebih lebar.

Photo by Candella


5. Wajah Segitiga
Bentuk wajah segitiga dapat dilihat dari proporsi lebar dahi yang lebih kecil dibanding lebar rahang. Untuk mengoreksi kekurangan pada wajah ini, aplikasikanlah shading untuk menyamarkan tulang rahang dan dagu, kemudian aplikasikanlah tinting di area pelipis untuk menciptakan kesan dahi yang lebih seimbang dengan area bawah.

Photo by R. Zeni


6. Wajah Diamond
Bentuk wajah ini sering juga disebut segitiga terbalik, dimana proporsi lebar tulang rahang lebih kecil dibanding dengan dahi. Aplikasikanlah tinting di area tulang rahang untuk menciptakan kesan rahang yang lebih lebar, kemudian aplikasika shading di daerah dagu dan area di bawah tulang pipi agar wajah terlihat makin ideal.

Photo by Marvello