Knowing Your Eyes Shape
by Rosa Hidayat

Posted on 11 September 2014


1. Mata almond
Bentuk mata ini adalah bentuk mata yang ideal. Untuk memperindah bentuk mata ini, berilah penekanan pada bagian ujung mata. Bereksperimenlah dengan warna-warna yang unik agar dapat semakin menonjolkan keindahan mata anda.
2. Jarak antara kedua mata berdekatan
Biasanya jarak antara kedua mata kurang dari lebar sebuah mata. Aplikasikan eyeshadow berwarna putih tulang atau kuning cerah di pangkal mata anda untuk memberikan kesan area mata lebih luas, sehingga jarak antara mata juga terihat lebih jauh.
3. Jarak antara kedua mata berjauhan
Biasanya jarak antara kedua mata lebih dari lebar sebuah mata. Agar mata yang berjauhan terlihat lebih ideal, aplikasikan eyeshadow berwarna gelap di sekeliling mata, terutama bagian pangkal mata agar memberikan kesan mata lebih dekat.
4. Mata dalam atau mata cekung
Mata cekung mempunyai bentuk yang cenderung menjorok ke dalam sehingga tulang mata terlihat terlalu menonjol. Gunakanlah eyeshadow berwarna terang pada kelopak mata, kemudian bubuhkan warna gelap seperti coklat natural di bagian cekungan mata, hal ini dilakukan untuk melembutkan fitur tulang mata yang menonjol. Jangan membentuk garis double line yang terlalu gelap,karena akan membuat cekungan mata terlihat semakin dalam. Hindari juga eyeshadow yang mengandung glitter / shimmer.
5. Mata cembung
Mata cembung mempunyai bentuk bola mata yang cenderung menonjol keluar dan mata terlihat seperti melotot. Bubuhkanlah warna gelap pada kelopak mata untuk mengurangi kesan menonjol dan hindari gaya riasan menggunakan double line. Gaya riasan yang paling cocok adalah smoky eyes dan gradasi warna.
6. Mata turun
Mata turun ditandai dengan bagian ujung mata lebih rendah dari pangkal mata, sehingga menimbulkan kesan mata yang sayu dan turun. Berikan warna gelap dan garis yang meninggi pada ujung mata agar menciptakan kesan mata yang lebih naik. Sementara pada pangkal mata, cukup berikan warna lembut.
7. Mata naik
Kebalikan dari mata turun, mata naik dapat dilihat dari posisi ujung mata yang lebih tinggi dibanding pangkal mata. Berikan warna yang lebih strong di bagian pangkal mata dan warna yang lebih lembut di bagian ujung mata, untuk menyeimbangkan bentuk mata yang naik. Hindari memberikan garis dengan warna yang kuat pada ujung mata karena dapat memberikan efek mata semakin naik.
8. Mata bulat
Mata bulat adalah bentuk mata yang besar dengan kelopak yang membulat, untuk membuatnya menjadi lebih ideal, bubuhkanlah eyeshadow berwarna gelap dengan bentuk memanjang keluar, agar dapat memberikan kesan mata yang lebih panjang.
9. Mata sipit
Mata sipit biasanya ditandai dengan tidak adanya lipatan mata dan bentuk mata yang cenderung pipih. Sebaiknya berikan warna gelap pada bagian tengah kelopak mata agar memberikan kesan mata yang lebih besar.