Make Up Brushes
by Rosa Hidayat

Posted on 11 September 2014


Kuas merupakan salah satu elemen terpenting yang diperlukan dalam menghasilkan riasan yang sempurna. Dengan pengaplikasian yang tepat dan pemilihan bulu2 yang berkualitas maka akan menghasilkan bauran make up yang flawless. Penggunaan kuas juga menggantikan fungsi tangan, agar konsistensinya terjaga dan juga lebih terjaga higienitasnya. Berikut ini saya akan membahas make up brushes yang diperlukan dalam merias wajah :

1. Foundation brush
Brush ini digunakan untuk mengaplikasian foundation, baik yang cair maupun padat untuk mendapatkan hasil riasan yang lebih natural. Bulu yang digunakan untuk foundation brush ini adalah bulu sintetis, hal ini bertujuan agar foundation tidak meresap ke brush, melainkan meresap ke kulit wajah. Dalam pengaplikasiannya, sapukanlah foundation brush dengan gerakan ringan ke arah luar, jangan terlalu ditekan karena nanti akan menghasilkan guratan2 bekas brush. Apabila anda telah mengaplikasikan shading dan concealer, jangan mengaplikasikan foundation dgn gerakan menyapu, tetapi cuku ditekan2 saja, agar posisi shading dan concealer tidak bergeser.
2. Concealer brush
Brush ini mirip sekali dengan foundation brush, hanya saja ukurannya lebih kecil karena pengaplikasiannya untuk area2 yang lebih kecil. Biasanya brush ini digunakan untuk pengaplikasian shading dan tinting, karena itu disarankan untuk memilki sedikitnya 2 buah concealer brush, satu untuk shading, dan satu lagi untuk tinting. Concealer brush digunakan untuk menutupi noda2 di wajah, jerawat, flek, dan area di bawah mata yang sering berwarna kehitaman. Dalam pengaplikasiannya cukup tekan2 ke area yang ingin ditutupi, kemudian baurkan dengan area disekitarnya.
3. Face brush
Fungsi utamanya adalah mengaplikasikan bedak tabur ke permukaan wajah. Cukup tekan2 dengan lembut brush yang telah dibubuhi bedak tabur ke seluruh wajah untuk menghasilkan riasan yang halus dan sempurna. Jangan mengaplikasikan face brush dengan gerakan menyapu karena dapat menggeser dan merusak foundation yang telah lebih dulu diaplikasikan.
4. Kabuki Brush
Brush ini memiliki fungsi yang mirip dengan face brush, hanya bentuknya yang sedikit berbeda, kabuki brush lebih pendek dan bulat. Brush ini sering digunakan untk mengaplikasikan bedak finishing, karena teksturnya yang sangat lembut sehingga dapat menghasilkan hasil akhir riasan yang halus.
5. Eye Shadow brush
Dalam pengaplikasian eye shadow, selain menggunakan spons aplicator, kita juga bisa menggunakan brush. Eye shadow brush berfungsi untuk membubuhkan dan membaurkan warna2 eye shadow. Hasil pengaplikasian dengan brush lebih natural dan soft apabila dibandingkan dengan spons aplicator. Cara menggunakannya cukup tekan2 ujung brush eye shadow yang telah dibubuhi eye shadow ke kelopak mata anda, kemudian setelah mendapatkan ketebalan yang diinginkan, baurkan warnanya agar terlihat lebih natural.
6. Blending brush
Brush ini fungsinya untuk membaurkan warna eye shadow yang telah diaplikasikan agar tercipta bauran yang halus. Dalam pengunaannya, brush ini dapat diaplikasikan untuk berbagai teknik bauran eye shadow, seperti teknik gradasi dan teknik sudut. Brush ini terdiri dari berbagai macam ukuran, untuk menyesuaikan dengan besarnya kelopak mata dan jenis teknik bauran yang diaplikasikan.
7. Eyeliner brush
Brush ini digunakan untuk mengaplikasikan eyeliner jenis gel. Pengaplikasiannya cukup mudah, celupkan brush ke dalam eyeliner pot, kemudian aplikasikanlah dengan segera di area garis mata anda, karena eyeliner jenis ini cepat mengering. setelah digunakan bersihkanlah sisa2 eyeliner yang menggumpal di brush anda, agar hasil pengaplikasian berikutnya tidak berantakan.
8. Eyebrow brush
Eyebrow brush berfungsi untuk mengaplikasikan eyebrow colour ke atas alis dan membaurkan warnanya sehingga alis menjadi terlihat rapi dan indah. Sebelum mengaplikasikan eyebrow colour jangan lupa untuk merapikan dan menyikat alis anda terlebih dahulu agar memperoleh hasil yang maksimal.
9. Shading brush
Untuk mengaplikasikan shading powder di area rahang dan tulang pipi gunakanlah brush berujung miring,brush ini disebut shading brush.
10. Blush Brush
Brush ini digunakan untuk mengaplikasikan blush, baik yang cream maupun powder. Aplikasikanlah brush mulai dari depan telinga sampai ke puncak pipi, wana blush di bagian depan telinga harus lebih tebal bila dibanding dengan puncak pipi, untuk menciptakan kesan pipi yang lebih tirus.
11. Lip Brush
Lip brush ini digunakan untuk mengaplikasian lipstik dan juga lipgloss. Untuk hasil yang maksimal dan tahan lama, gunakanlah lip pencil terlebih dahulu untuk membingkai bibir anda.

Bersihkanlah makeup brushes anda secara rutin, minimal 1 bulan sekali, terutama apabila makeup brushes anda digunakan oleh banyak orang. Hal ini dilakukan untuk menghindari bersarangnya bakteri di brush anda yang dapat mengakibatkan iritasi dan penyakit pada kulit anda atau klien anda. Untuk membersihkan make up brushes anda, anda bisa menggunakan air hangat yang dicampur dengan shampo bayi yang lembut, kemudian celupkan brush anda dan kibas2kan agar kotoran yang melekat dapat terlepas, jangan menggosok atau mengucek kuas, karena hal ini dapat merubah bentuk brush. Setelah selesai, bilas dengan air bersih, dan keringkan dengan handuk bersih dengan cara ditepuk2 pelan, kemudian angin-anginkan sampai kuas kering. Cara ini memang memakan waktu 2-3 hari agar kuas dapat kering dengan sempurna. Apabila anda membutuhkan kuas bersih dalam waktu singkat, anda dapat menggunakan brush cleanser yang dijual di gerai2 kosmetik. Dengan menggunakan brush cleanser, cukup rendam brush anda beberapa saat, tekan2 brush diatas tissue untuk membuang sisa2 kotoran, kemudian diamkan sejenak dan brush anda sudah siap untuk digunakan kembali.